Tag

Pagi yang indah seharusnya menjadikan diri kita lebih segar dan bersemangat. Namun akan terjadi sebaliknya bila kondisi tubuh sedang tidak sehat sebagaimana yang saya sedang alami pada hari ini.
Alam semesta ini sebenarnya memang didisain untuk kepentingan dan kenyamanan manusia. Olehkarena itu keseimbangan dan harmonisasi pola hubungan baik antar manusia dg manusia lain, manusia dg alam , dan manusia dengan Sang Pencipta serta hubungan internal didalam tubuh manusia itu sendiri sangat dibutuhkan agar manusia bisa hidup sesuai dg fitrah kemanusiaannya.
Tubuh manusia, menurut pakar kesehatan Andrew Weil, MD, sebagian besar suku cadang tubuh manusia dirancang layak pakai, bergaransi atau produktif, tidak bermasalah selama 80 tahun asalkan syarat syarat dasar bagi pemeliharaan dan pencegahan ditaati. Buku pedoman dan petunjuk2 telah diberikan Tuhan kepada kita sebagai rasa kasih sayang terhadap ciptaanNya.
Pada saat keseimbangan, pola hidup dan pola hubungan itu terganggu oleh karena ulah manusia sendiri, tubuh dan alam biasanya merespon dengan memberikan tanda2 yg seharusnya dijadikan alat introspeksi diri. Misalnya timbulnya penyakit, stress, lemas, dsb adalah indikasi atau sinyal yg menjadi alert system bahwa ada pola hidup dan pola hubungan yg mungkin salah yg telah kita lakukan.
Sederhananya adalah masalah pola makan misalnya. Ketika tubuh kita dicekoki bahkan overdosis dg bahan2 makanan yg mengandung kolesterol misalnya, maka tubuh akan merespon dengan memberikan sinyal2 seperti rasa pusing, pegal, panas, dsb. Dengan tanda2 tsb, biasanya kita langsung mengkonsultasikan ke dokter atau para ahli dibidang kesehatan dan berusaha melakukan recovery.
Kita sebagai manusia tentu bersyukur karena dilengkapi dg alert system yg supercanggih dari Sang Pencipta sehingga dpt dijadikan alat utk introspeksi diri dan mengukur tingkat keseimbangan yang ada.
Wassalam
Nasrul Chair