MEKAH, SABTU 21-11-09

Dini hari sekitar jam 2 berangkat ke masjidil haram bersama rombongan menaiki bus yg telah disediakan. Kami masuk dari pintu Baabus Salaam dan berkumpul di pelataran dibawah tiang lampu sebagai markas yayasan disana. Kemudian kami masuk ke dekat kabah melalui pintu king abdul aziz.

Subhanallah, Allahu Akbar. Tangis haru tak bisa dibendung ketika melihat Kabah. Sebuah bangunan kubus yg menjadi pusat dakwah Nabi Muhammad SAW. Tempat yg paling dirindukan semua orang beriman utk dikunjungi. Syukur Alhamdulillah Ya Allah, atas izin Engkau, kami bisa berada disini. Thawaf bersama ratusan ribu jamaah dari berbagai negara dilanjutkan dg sai dan tahalul merupakan rukun umroh yg harus dilakukan.

Alhamdulillah semua berjalan lancar. Namun, suasana sangat padat disana sehingga sulit utk mendapatkan tempat utk shalat sunnah thawaf. Kami harus berjuang melewati barisan2 jamaah lain, namun semua tempat penuh sesak. Akhirnya kami dapat di salah satu anak tangga yg cukup lebar. Kami jg sulit mengingat tempat sai karena kami sdh terpisah dari jamaah yg lain. Kami mencoba bertanya kpd orang lain disana dan akhirnya kami dpt melakukan sai di lantai 3.

Suasana lebih tenang karena sudah azan pertama disana dan menunggu azan kedua untuk shalat subuh. Jarak azan pertama dan kedua sekitar 1 jam dan shalat shubuh adalah jam 05.17 waktu setempat.

Setelah selesai, semua kumpul di pelataran Baabus Salaam seperti biasa utk menuju bis. Walau cukup melelahkan tapi kami bersyukur, umrah yg pertama sudah selesai. Ya Allah terimalah umrah kami.