MEKAH, SELASA 24-11-09

Shalat subuh di Masjid  dekat pondokan. Dan seperti biasa, selepas shubuh, kami ikut menikmati teh susu hangat dan sepotong roti yg dibagikan dari atas mobil pick up tepat didepan Masjid . Ini nampaknya kegiatan rutin setiap hari disana, mungkin selama musim haji.

Si Abah  nampak bingung karena sandal yg saya simpan direrumputan  didepan Masjid  ternyata tidak ada. Beliau celingak celinguk ke sekitarnya utk mencari, tapi saya ingatkan “Abah, mungkin sandalnya ketuker, udah tenang aja, jangan panik gitu” kata saya.

Beliau berusaha mengganti dg sandal orang lain yg kebetulan warnanya sama tapi ada kode nama pemiliknya didepan. Saya mencoba mengingatkan utk tidak mengambil sandal tsb karena bisa jadi pemiliknya masih berada di dalam Masjid .

“Ya sudah, Abah pakai sandal saya saja nih, saya biar jalan tanpa sandal ke pondokan”.

Istirahat di pondokan sampai jam 1 siang. Bis akan menunggu tepat jam 1 menuju Masjidil Haram.

Bis akhirnya baru berangkat jam 1.30 siang. Kami langsung menuju lantai 2 di dekat air zamzam. Ternyata area ini adalah area khusus akhwat (wanita) yg ditandai dengan garis bendera warna merah putih yg diikatkan diatas, menghubungkan tiang-tiang di Masjid . Saya pikir tadinya ini adalah bendera Indonesia. Tapi Alhamdulillah tdk ada masalah, karena disamping kami juga ada beberapa bapak-bapak dari Indonesia dan luar negeri.

Seperti kemarin, kami di Masjidil Haram sampai shalat isya. Waktu kami maksimalkan untuk tilawah Qur’an, dzikir dan berdoa baik utk kebaikan diri sendiri, keluarga, saudara2 dan semua ummat islam pada umumnya.

Kami sengaja tdk memforsir untuk thawaf setiap hari karena utk mempersiapkan stamina besok. InsyaAllah besok kami akan mulai bergerak ke Arafah. Ini adalah puncaknya ibadah haji dan menjadi rukun sahnya ibadah haji. Hadis Nabi “Al Hajju arofah (haji itu adalah wukuf di arafah)”.

Ya Allah berikanlah kami kesehatan dan kekuatan untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan khusyuk baik ketika di Mekah maupun di Madinah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas izinMu. Tidak ada yg dapat memberikan kesehatan dan kemudahan selain Engkau Ya Allah Ya Robbal ‘Alamiin.