MADINAH, SELASA 22-12-09

Jam 4 pagi kumpul di lobi hotel utk persiapan shalat shubuh di Masjid Nabawi. Alhamdulillah ternyata lokasi hotel sangat dekat sekali, hanya sekitar 5 menit berjalan kaki ke sana. Mudah2an bisa menambah semangat ibadah disana.

Saat berangkat menuju Masjid, teringat akan sejarah dimana Rasulullah dan para muhajirin disambut oleh penduduk anshar pada saat tiba di Madinah atau dahulu masih disebut Yatsrib.

Lantunan azan shubuh sangat indah sekali terdengar di telinga langsung dari dalam Masjid Nabawi. Selama ini hanya bisa menikmatinya di software aplikasi azan yg ada di komputer.

Ketika muazin mengumandangkan “Asyhaduana Muhammadur Rasulullah” tidak terasa air mata menetes membasahi pipi seolah terbayang wajah Rasulullah. Membayangkan begitu cintanya beliau kepada umatnya, begitu banyaknya jasa beliau kepada kami semua sehingga kami bisa menikmati indahnya iman dan islam.

Terbayang pula begitu kerasnya perjuangan beliau untuk menegakkan agama Allah dimuka bumi ini. Perjalanan hijrah beliau dan para sahabat dari Mekah ke Madinah yg berjarak sekitar 400 km ditempuh dengan berjalan kaki. Padahal cuaca sangat panas, gersang, tidak ada pepohonan dan sumber air. Caci maki dari kaum kafir, lemparan batu, lemparan tahi onta bahkan tusukan pedang dan anak panah mungkin semua sudah pernah beliau rasakan demi membela agama Allah. Ya Allah, sampaikan shalawat dan salam kami untuk NabiMu yang sangat kami cintai. Perkenankanlah kami utk bertemu dengannya dan masukanlah kami kedalam golongan umatnya.

Tetesan air mata juga terus mengalir pada saat shalat sunnah qobliah shubuh, sholat shubuh dan pada saat berdoa setelah shubuh. Alangkah nikmatnya meneteskan air mata karena berharap Ridho Allah SWT, takut akan siksaNya, Cinta kepadaNya dan kepada RasulNya. Ya Allah jadikanlah hati kami hati yg bersih dan lembut sehingga dapat menerima dan memancarkan nilai nilai kebaikan kepada siapapun.

Program bada shubuh adalah mendengarkan tausiyah singkat dari pembimbing mengenai Sirrah Nabawiyah dilanjutkan dg ziarah ke makam baqi dan pergi ke pasar kurma sampai dg jam 11.15.