Tag

, , ,

Suasana lebaran nampaknya masih terasa. Hotel2 transit di wilayah Cirebon masih dipadati pengunjung dari wilayah timur pulau Jawa. Arus balik juga berangsur angsur memasuki Jakarta walaupun telah melewati masa puncaknya kemarin. Beberapa kantor suasananya masih sepi, sebagian memperpanjang cuti/liburannya dan sebagian lainnya meliburkan diri demi menghindari padatnya arus balik yg selalu terjadi pada even tahunan ini.

Ucapan ucapan selamat lebaran terkadang masih juga ada yang tersisa.
Mungkin karena ada yang terlupa atau mungkin juga karena menghindari padatnya traffic lalau lintas pesan pendek selama masa lebaran.

Pesan singkat baik melalui sms, email, bbm, jejaring sosial, dsb merupakan hal yang sangat populer untuk menyampaikan pesan pesan lebaran atau ucapan2 sejenisnya. Ada yg menggunakan kata kata standar, namun ada juga yg menggunakan kalimat2 bernada puitis bahkan pantun. Ada yg bernada serius tapi ada juga yang nampak jenaka. Namun semuanya tidak menghalangi kesan sakral dan spiritual terhadap pentingnya saling memaafkan di hari raya tersebut.

Kiriman pesan pendek ini dipercaya sangat membantu menjalin tali silaturahim khususnya untuk mereka yg secara lokasi tidak memungkinkan bertemu di suasana hari raya tersebut.

Inbox email/message/bbm kita terasa penuh terisi dengan pesan2 tsb. Terkadang kita yg memulai mengirimkan pesan tersebut lalu mendapatkan respon, terkadang justru sebaliknya, kita yg menerima pertama kali pesan2 tsb.

Bagi saya, pesan2 tsb sangatlah penting dan menunjukan bentuk perhatian/kepedulian terhadap sesama di saat saat yg penting pula. Saling memberi ucapan, doa bahkan hadiah memang sangat dianjurkan dalam agama.

Olehkarenanya, suatu hal yang simpel perlu kita lakukan adalah menjawab atau merespon balik ucapan2 tsb. Apabila ada teman/sahabat/saudara atau bahkan dari orang yg tidak kita kenal sekalipun memberikan ucapan2 selamat bahkan doa maka kita wajib mendoakan juga kebaikan2 untuk mereka.

Mari kita lihat kembali inbox email kita, status message kita atau status bbm kita, apakah masih ada ucapan2 yg belum sempat kita jawab. Bila masih ada yang terlupa maka jawablah segera mumpung suasana lebaran masih terasa. Tidak ada kata terlambat.
Better late than not.
Mohon maaf bila kurang berkenan.

Salam saling memaafkan

Nasrul Chair