Tag

,

Terkadang pekerjaan kita sangat tergantung dengan hasil kerja orang lain.
Keberhasilan kita juga ditentukan oleh keberhasilan orang lain.

Dalam situasi yang tidak ideal, bisa jadi, orang orang disekitar pekerjaan kita tidak mampu bekerja semestinya sehingga pada akhirnya “merepotkan” pekerjaan kita juga.

Target yang tertunda dan hasil yang tidak memuaskan mungkin disebabkan oleh pihak lain tersebut. Pihak lain disini bisa datang dari sesama kolega di bagian yang sama, bawahan, atasan, kolega di bagian lain bahkan pimpinan tertinggi perusahaan..

Misalnya data yang terlambat atau data yang kurang mendetail dari suatu bagian akan menyebabkan waktu yang tersedia untuk menyelesaikan pekerjaan kita menjadi sangat terbatas. Sementara target adalah target. Pekerjaan tetap harus selesai sesuai datelinenya.

Dalam kondisi lain, tidak adanya arahan yang jelas dari pimpinan, tidak adanya pembagian tugas yang jelas dsb dsb, juga bisa menyebabkan kebingungan2 yg pada gilirannya akan menghambat pencapaian kinerja yang optimal.

Dalam kondisi seperti ini, menyalahkan pihak lain semata mata bukanlah hal yang bijak. Dalam hal ini justru kita musti berperan aktif dan mengambil inisiatif untuk memecahkan permasalahan yang ada dan mencari solusinya walaupun terkadang melewati batas “job desc” kita. Karena apabila dibiarkan saja, bukan tidak mungkin, permasalahan yang sama akan sering terjadi lagi dimasa yang akan datang. Lebih baik kita lelah diawal untuk membereskan masalah ini daripada membiarkannya terjadi terus di masa masa yang akan datang.

Inisiatif mencari solusi ini harus senantiasa kita pupuk dalam diri kita sehingga ia benar benar menjadi karakter yang inheren dalam sikap kita.

Mungkin kita jadi akan lebih capek karena mengurusi hal hal yang sebenarnya bukan urusan kita. Tapi selama semangatnya adalah solusi, ini pasti akan sangat diapresiasi secara positif oleh siapapun.

Prinsip sederhana yang perlu kita pegang adalah bahwa tidak ada satu masalahpun di muka bumi ini kecuali sudah tersedia solusinya. Tinggal diperlukan tekad yang kuat untuk mewujudkan solusi tersebut.

Salam solusi

Nasrul Chair