By Arvan Pradiansyah @Radio Smart FM Jakarta
20 nopember 2015
Ditulis oleh Nasrul Chair

Pada dasarnya memiliki saudara sebenarnya tidak berpengaruh apa apa terhadap kebahagiaan seseorang
Namun kebahagiaan pasti akan hadir bila ada rasa persaudaraan.

Pembunuhan pertama kali yang terjadi di dunia ini adalah zaman Nabi Adam dimana Qobil membunuh saudaranya sendiri Habil karena masalah wanita. Ini adalah contoh perseteruan antara saudara yang sifatnya one on one.
Dilain pihak, Nabi Yusuf juga pernah mengalami tindakan konspiratif dari kakak-kakak saudaranya yang ingin membunuhnya karena rasa iri dari saudara-saudaranya terhadap Nabi Yusuf.

Saudara itu pada hakekatnya adalah adanya pertalian darah, olehkarenanya dimensinya adalah fisik
Sedangkan persaudaraan adalah pertalian hati dan dimensinya adalah spiritual.

Ada empat tipe manusia dalam hal ini:
1. Dia adalah saudara kita dan dia memiliki rasa persaudaraan yang baik dengan kita. Ini adalah seperti kondisi surga atau kondisi yang paling ideal.
2. Dia bukan saudara kita namun dia menunjukan rasa persaudaraan yg baik dengan kita. Kondisi ini disebut happiness atau zona kebahagiaan
3. Dia bukan saudara kita dan dia tidak memiliki rasa persaudaraan dengan kita. Kondisi ini diistilahkan unhappiness atau tidak ada kebahagiaan.
4. Dia sebenarnya adalah saudara kita namun dia tidak memiliki rasa persaudaraan dengan kita bahkan cenderung memusuhi dan berbuat jahat. Kondisi ini seolah olah seperti neraka.

Sama halnya dengan tetangga. Tetangga itu adalah hubungan fisik karena lokasi rumah yang saling berdekatan. Tetapi bertetangga adalah kondisi dimana antar rumah saling membantu satu sama lain.

Salah satu lyric lagu Brother dari Matt Corby berbicara mengenai persaudaraan sbb:

Sleep now under my skin
Make sure you’ll try to
Conjure the wind
And ease my mind

Artinya persaudaraan adalah bagaimana kita memiliki pertalian hati dan saling berbagi sehingga orang lain nyaman berada bersama kita

Pertalian darah tdk abadi dan tidak ada apa apanya tanpa pertalian hati
Contohnya adalah siapa yg lebih dekat pengaruhnya dengan anak, apakah org tua yang secara fisik melahirkannya atau orang tua yang mengasuhnya dengan penuh kasih sayang? Tentu jawabannya adalah orang tua yg mengasuhnya. Namun yang lebih ideal adalah orang tua yg melahirkan sekaligus mengasuhnya dengan penuh kasih sayang.

Dalam satu kasus, sebuah keluarga memiliki salah satu anggota keluarga yang memiliki gangguan mental sehingga merusak asset property saudaranya sendiri.
Bagaimana kita mensikapinya?
Gangguan mental adalah sebuah penyakit yang bukan berasal dari keinginan ybs.
Oleh karena itu kejadian ini harus dimaknai dengan positif misalnya menganggap ini sebagai opportunity untuk meningkatkan kualitas sikap kita dan menunjukan unconditional love terhadap ybs.

Lalu kenapa ada perbedaan antara tipe 3 dan 4 diatas padahal nampaknya sama sama buruk?
Bila orang yg tidak menunjukan persaudaraan adalah bukan saudara kita harusnya tidak terlalu menjadi persoalan karena kita bisa menghindari ybs. Namun sebaliknya bila itu dilakukan oleh saudara kita sendiri maka kondisi itu seolah olah seperti neraka karena bagaimanapun kita pasti akan selalu berhubungan dengan saudara kita tersebut.

Bila ini terjadi maka harus dimaknai positif juga misalnya kita tetap berbuat baik kepada ybs karena ingin menunjukan rasa hormat dan berbakti kepada orang tua kita.

Konflik itu biasa dalam kehidupan.
Yang terpenting adalah kita kembali bersaudara seperti semula

Harus ada connectiveness sebagaimana tubuh manusia dimana bila gigi kita sakit maka kepala ikut terasa sakit juga.

Bila orang berlaku baik terhadap kita maka kita harus berusaha untuk lebih baik dari ybs
Namun bila orang berlaku buruk terhadap kita maka sebaiknya kita tetap berlaku baik kepada ybs.
Kenapa? Alasannya adalah karena kita harus menunjukan sikap bahwa kita adalah orang baik bagaimanapun dan dalam kondisi apapun.

Inti persaudaraan adalah feel connected alias merasa terhubung/tersambung terus.
Bagaimana tanda-tanda feel connected:
· Kita merasa sama-sama susah dan senang
· Selalu ada hubungan/relationship walaupun tidak ada kebutuhan/kepentingan. Tidak seperti politisi, yang membina hubungan didasarkan pada kepentingan tertentu.
· Selalu ingin mengetahu kabar terbaru dari ybs karena ada rasa kerinduan. Misalnya selalu menyanyakan kabarnya setiap waktu.

Quote hari ini:

The world is my country
All mankind are my brethren
To do good is my religion
(Thomas Paine)

Salam
Nasrul Chair
https://nasrulchair.wordpress.com