Smart Happiness @Radio Smart FM Jakarta
by Arvan Pradiansyah
11 Desember 2015
Ditulis oleh Nasrul Chair

Trust and Happiness

Apabila kita kehilangan uang atau harta, maka itu seharusnya masih hal yang kecil
Apabila kita kehilangan kesehatan, maka hal tsb akan menjadi kehilangan yang besar
Namun bila kita kehilangan kepercayaan, maka hal tsb merupakan kehilangan segala-galanya.

Pada dasarnya hukum itu ada dua yaitu hukum alam atau disebut sunatullah dan hukum formal. Hukum alam dibuat oleh Allah SWT sedangkan hukum formal dibuat oleh manusia. Orang bisa saja lolos dari hukuman formal namun ia tidak akan pernah lolos dari hukuman Allah SWT.

Contoh bila seorang suami selingkuh dan istri,anak dan semua keluarganya mengetahui perselingkuhan tersebut, maka walaupun dia tidak dijerat secara hukum formal, namun hidup pasti merasa tidak akan ada artinya dan tidak akan bisa merasa bahagia.

TRUST IS TO EARN NOT GIVEN
Kepercayaan itu hadir dari sebuah proses dan harus diupayakan terus secara konsisten karena kepercayaan bukanlah kondisi yang hadir dengan sendirinya. Trust pasti butuh conditional/syarat-syarat. Sedangkan cinta/love tidak membutuhkan syarat (unconditional love)

Bisa jadi kita mencintai seseorang tapi kita belum bisa sepenuhnya percaya dengannya. Misalnya cinta seorang ayah kepada anaknya. Namun dalam kondisi tertentu, ia pasti berusaha untuk membuat aturan-aturan yang membatasi agar anak-anaknya tersebut tidak bertindak yang membahayakan.

Kepercayaan itu biasanya berproses dan bertingkat sbb:
• Tidak percaya
• Sedikit percaya
• Percaya
• Sangat percaya

Semakin kita memberikan atau membuktikan setoran-setoran kepercayaan, maka kepercayaan kepada kita akan semakin tinggi.

Hukum kepercayaan itu lebih keras dibanding cinta. Kepercayaan itu tidak bisa tawar menawar dan harus tegas bila seseorang punya harga diri

Trust beda sama kepentingan
Trust adalah melakukan kebaikan-kebaikan secara konsisten, sedangkan kepentingan adalah melakukan kebaikan sekali kali dan kepada orang tertentu saja.

Ada dua kutub ekstrim yang saling bertentangan yaitu blind trust artinya percaya membabi buta atau distrust artinya selalu tidak percaya kepada pihak lain. Dua duanya buruk dan tidak akan menghasilkan kebahagiaan.